Tak henti, meminta agar jangan berhenti

Jalanan ialah kumpulan pelajaran sosiologi, biologi, fisika, ekonomi, kimia, politik, filsafat, matematika dll. Yang nanti dibukukan dalam pelajaran sejarah.

Kita tak banyak memiliki waktu, dalam sehari hanya 24 jam. Dalam sehari hanya banyak (mata) terpejam, penjahat itu diri kita yang baik, yang diam atas tindakan yang menabrak nilai, aturan kesepakatan.

Gerombolan sehat mengajak tanpa henti dan tanpa target berapa banyak yang akan selamat dalam kewarasannya. Gerombolan yang sedikit sakit, sebenernya menunggu tanpa mengajak. Tanpa sengaja mereka jadi berkumpul. Contohnya, di senayan, di gedung, di tempat pembayaran pajak, di tempat pencairan bantuan sosial, di laut, di penangkaran lobster, di hotel dan masih banyak tempat-tempat lainnya.

Seraya doa yang terlantun dari para alim, dengan sebisa para awam (seperti saya) yang mengamini dengan khusyuk dan jadi juru parkir dijalanan, berteman panas terik tak peduli penampilan, sambil mengambil pelajaran yang berserakan dan berceceran. Semoga para orangtua, guru bangsa, tokoh masyarakat masih gerah melihat ketidakadilan dan kesengsaraan sesama.

Tinggalkan komentar